Thursday, May 29, 2008

Pecah Organisasi

Bentrok antar warga, amuk massa, udah biasa kali ya. Perebutan tampuk kepemimpinan pun dalam sebuah organisasi kemudian menjadi trendy, tidak tanggung-tanggung bahkan terjadi organisasi massa yang notabene memperjuangkan rakyat, juga di organisasi politik, termasuk juga organisasi keagamaan.

Sebenarnya apa yang dicari? Katanya sih legalitas formal, reaksi kecurangan, penyelamatan organisasi, dan sebagainya yang saya sendiri tidak tahu. Ataukah ambisi menempati puncak gunung es?

Yang saya khawatirkan, bahaya yang lebih besar lagi, yaitu bangsa atau agama digunakan oleh orang sebagai kendaraan mencapai tujuan-tujuan dan harapan-harapan mereka baik di bidang politik maupun pribadi atau golongan. Yang sangat berbahaya seandainya umat Islam tidak memandang hal itu sebagai tindakan yang tidak sesuai dengan ajaran Islam sebagai muslim, padahal ajaran Islam menekankan bahwa tidak akan dapat berjalan dengan baik selama kepentingan masyarakat Islam terpecah-pecah.

Yang terpenting bagi ummat Islam adalah pelaksanaan ajaran-ajaran Islam dalam segala aspek kehidupan, bukan hanya bibir saja. Contoh kasus, Islam yang diperjuangkan tetapi inti dari ajaran Islam seperti ramah terhadap sesama dan silaturahmi ditinggalkan. Islam ditonjolkan, tetapi golongan diutamakan. Setelah diakui sebagai milik publik, bukannya menjadi orang publik malah kembali ke kandangnya, padahal Rasulullah SAW, Abu Bakar dan Umar bin Khattab memberi persamaan bagi setiap muslim dan tidak pernah memandang organisasi, bahkan merelakan dirinya tidak makan untuk kepentingan ummat. Hasjim Asy'ari mengatakan, "Kita, masyarakat Islam Indonesia tidak ingin memperebutkan posisi kepemimpinan, kita hanya ingin mereka yang menduduki dan memegang kepemimpinan melaksanakan ajaran Islam yang telah diperintahkan oleh Allah Yang Maha Suci dan Agung."

1 comment:

naruto onepiece said...

Artikel di blog anda bagus. Coba pasang widget infogue.com seperti punyaku. Bisa nambah traffik lho padahal blogku belum berumur satu minggu.
Nich blogku:
http://padhepokananime.blogspot.com/
artikel anda di:
http://agama.infogue.com/pecah_organisasi