Sunday, July 6, 2008

Matematika bagi Srikandi UN SMP 2008

Pelajaran matematika saat ini masih jadi momok sebagian siswa dari SD/MI sampai SMA/MA, termasuk SMK. Sebab katanya merupakan pelajaran paling sukar.


Lain dengan Ratu Meidina, siswa SMP 115 Tebet Jakarta Selatan. Seperti ditulis harian warta kota (24/6/08), matematika justru mudah karena itu mata pelajaran favoritnya. Sejak SD Ratu menyukai pelajaran matematika. Matematika dianggap lebih mudah dan sederhana dibandingkan dengan mata pelajaran lain seperti fisika, biologi, atau bahasa. "Nggak tahu, sepertinya belajar matematika itu enak aja dan cepet ngerti," ujarnya.


Karena kesukaannya pd matematika, Ratu memperoleh nilai 10,00 pada UN SMP. Bukan itu saja, dg nilai UN bhs Indonesia 9,40, bhs Inggris 9,80 dan IPA 9,75, total nilai UN-nya menjadi 38,95. Dan prestasinya ini mengantarkan Ratu sebagai Srikandi Jagoan nilai UN SMP tertinggi se-Indonesia tahun 2008.


Selamat buat Ratu UN SMP! Semoga sukses slalu dan predikat desainer interior sbgmana yg cita2 Ratu bìsa tercapai.


Masih ga percaya pengakuan Ratu pada matematika? Sadari bahwa matematika tak perlu banyak menghapal, tak seperti yang lain, tp harus banyak latihan menyelesaikan soal. Jangan hanya belajar matematika waktu luang atau tenang, harus dicoba pada berbagai kondisi.


Makin berganti tahun masalah kita, include masalah negara akan makin numpuk dan komplek, maka dibutuhkan orang-orang yang biasa dan terampil menyelesaikan masalah. Dan belajar matematika adalah jawabannya. Menyelesaikan soal2 matematika dari sekarang, supaya terbiasa dengan masalah, sehingga jika di kemudian hari didapatkan masalah bukan jadi stress atau bertindak tidak karuan. Tapi betul2 dihadapi dengan serius. Hanya saja, kita semua berharap mudah2an ketenangan & ketentraman slalu menyertai kita. Amin.

No comments: