Wednesday, August 13, 2008

OneWorld OneDream vs SatuDunia SatuJanji

Sejalan dengan seabad kebangkitan nasional adalah sangat tepat peringatan Hari Pramuka ke 47 kali ini mengambil tema �Dengan Semangat Kebangkitan Nasional, Kita Pacu Perkembangan Gerakan Pramuka�. Di masa seabad bangkitnya semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia kita pacu perkembangan Gerakan Pramuka. Di pihak lain kita sukseskan pula Revitalisasi Gerakan Pramuka, sehingga dapat dihasilkan kaum muda yang tinggi semangat kebangsaannya, kokoh ikatan persatuan dan kesatuan Indonesianya, serta tidak tergoyahkan tekad belanegaranya, yang secara jujur harus diakui ketiganya pada akhir-akhir ini dirasakan tampak semakin berkurang.

Kalau di Olimpiade Beijing kita mengenal One World One Dream, di Jambore sedunia di Inggris 2007 kita mengenal Satu Dunia Satu Janji. Apalah artinya One World One Dream dengan lima bola yang berikatan jika tidak ada kesatuan dan persatuan yang mendunia ataukah One World is Dream Only. Begitu pula Satu Dunia Satu Janji menggiring ke kesatuan dan persatuan bukannya Satu Dunia Hanya Janji.

Terlebih masa kebangkitan nasional telah berumur seabad, maka marilah kita jadikan momentum ini untuk mengangkat kembali ikatan Generasi Muda ke satu janji untuk satu hati. Generasi muda adalah penerus perjuangan bangsa, maka bangkitkan secara benar semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan lanjutan kemerdekaan Indonesia. Di tangan generasi mudalah masa depan bangsa dan negara ini.

Jangan terjebak oleh sistem Gerakan Pramuka yang berkembang sekarang ini yang seolah-olah dibesarkan di wilayah akademisi. Ini hanyalah sebuah proses yang tidak perlu dipandang salah kaprah. Tetapi jadikan ini bagian dari pengembangan kepanduan Indonesia di samping kita mengoptimalkan kepanduan di wilayah lainnya.

Itulah semangat kebangkitan Nasional untuk memacu perkembangan Gerakan Pramuka. Selamat Hari jadi Gerakan Pramuka ke 47 dan Jayalah Pramuka.

No comments: