Thursday, April 3, 2008

rajin pangkal pandai, karya pangkal kaya

mempelajari google adsense, jadi ingat wapsite euclid.peperonity.com yg kubuat th 2006 tp 2 th terakhir tak diupdate. saat dibuka pengunjungnya udah 600-an, padahal terakhir dibuka hanya 59; guest book pun cukup banyak. berdosa aku, sbb di antara mereka ada yang harus balik divisit.


lebih berdosa lagi ada komentator butuh produk yg aku tulis. dan paling berdosa, di mailbox ada yg sangat butuh advis dariku.
Itu sekaligus menyadarkan aku bahwa pengetahuan selalu berkembang, maka janganlah pernah berhenti berkarya. semakin banyak karya akan semakin kaya dan ini membutuhkan kerajinan kita yg tentu akan berdampak pada semakin pandai kita.


seperti halnya salat, bukannya yg salat juga korupsi, tp yang salat saja bisa korupsi, apalagi tidak salat. sedikit dan sangat sederhana karya di wapsite-ku, pengunjungnya lumayan, apalagi kalau banyak ya.
dan bagiku, 2 tahun berhenti di wapsite, aku hanya jadi konsumen di dunia maya, tapi tahu yg banyak walaupun sedikit2. kayaknya jika rajin, yg sedikit2 itu jadi banyak ya, dan sepertinya kalau satu saja tahu, lihat, kerjakan, dan berulang-ulang, kayaknya mahir ya - dalam arti positif lho.yg dah punya wapsite aja sempat berhenti nulis di internet, apalagi yg tidak. yg punya link silaturahmi di internet pun sempat tak memanfaatkannya, padahal silaturahmi itu penting dan tidak masuk surga orang yg memutuskannya, apalagi kalo tidak.


rajinnya para ilmuwan menganalisis suatu kasus, semakin pandai mereka memahami gejala dari kasus itu. hanya saja tentunya semakin dalam seseorang memahami suatu kasus, akan semakil kecil jenis pengetahuan mereka, tp yg kecil itu akan diketahui banyak. kita bandingkan dg tahu yg banyak tp sedikit2 - maaf - dokter anak yg hanya ngurusin anak harga jualnya lebih mahal dibanding dokter umum yg ngurusin segala umur dan segala penyakit.
ngurusin wapsite atau website atau blog atau apapun terkait ilmu dan teknologi akan semakin pandai, dan semakin banyak peluang berinovasi dan berkreasi, dan insya Allah akan semakin kaya.

No comments: